Review Bandara Hong Kong International Airport

Halo,sudah lama saya tidak nulis blog lagi. tiba-tiba tulisan kali ini random banget soal airport. Kenapa saya jadi kepikir nulis airport terutama Hong Kong airport? ada alasan sebetulnya. Alasannya yaitu kalau saya bener-bener ngebolang di Hong Kong airport.

Jadi ceritanya saya rencana balik ke Indonesia untuk mengunjungi keluarga dan liburan, karena tiket dari Jepang ke Indonesia waktu saya pulang itu udah masuk tarif high season yang diatas 80000 yen keatas saya memutuskan untuk pakai berbagai macam cara agar biayanya lebih murah. Akhirnya saya memutuskan untuk naik Cathay Pacific yang punya base transit di Hong Kong, Walaupun ada overlay transit selama 15 Jam lebih tepatnya saya berangkat hari ini,besok siangnya saya baru bisa berangkat ke Indonesia tepatnya Surabaya. Alhasil saya jadi bolang alias tuna wisma di Hong Kong Airport. Selagi saya jadi Tuna Wisma sementara saya putusin untuk explorer bandara besar di Asia ini. Hong Kong memang kelihatan kecil tapi jangan remehkan airport mereka, gate untuk terbang mereka ada ratusan kurang lebih 200 gate ada di Hong Kong airport dan Bandara satu ini handle penerbangan ke tempat-tempat yang jarang mungkin dikunjungi orang Indonesia,mulai dari kota-kota terkenal eropa sampai dengan destinasi yang kurang di dengar seperti Tel Aviv,dsbnya.

Bandara Hong Kong ini benar-benar lengkap sekali, jadi saya mau review beberapa fasilitas bandara yang mungkin berguna serta pengalaman saya bolang di Hong Kong Airport (yang cuman hanya ingin tahu fasilitas bandara ini langsung aja baca bagian terakhir beserta tips & trick dari saya ya).

Pertama,Pengalaman saya menginap di Bandara.

Seperti tadi yang aku ceritain,pesawat yang aku pesan ada layover 15 jam di Hong Kong sehingga saya harus menginap di Bandara.Karena sudah tahu dari awal ada layover dan sudah pernah jalan-jalan ke Hong Kong saya memilih untuk tidur di waiting room departure gate. Overall experience saya bermalam di waiting room: kurang menyenangkan. 

Sebelum berangkat saya sudah menyiapkan beberapa senjata ampuh untuk supaya bisa tidur di Hong Kong Airport. Pertama saya nyiapin sleeping bag (udah kayak mau kemah aja),sleeping bag yang saya siapin tipis aja sih supaya bawaan gak terlalu berat. Kemudian eyepatch untuk tidur, sumbat telinga,botol air minum ,inflated pillow, pad lock dan masker.

 

Dengan dibekali senjata diatas saya berniat bondo nekat untuk bermalam di Hong Kong,Setelah dicoba ternyata not recommended.Karena pertama bandara HK ini 24 jam jadi announcement terus mengalir dari speaker 24 jam nonstop,meskipun pakai penyumbat telinga tetap aja kedengaran,kedua petugas kebersihan Bandara mulai melakukan kegiatan bersih-bersih sekitar pukul 1 malam sampai pagi subuh sekitar jam 5 dan mereka tak pandang bulu meskipun di dekatnya ada orang yang lagi ingin tidur mereka tetap bersih-bersih dengan suara berisik sambil beteriak2 memanggil atau berbicara dengan sesama staff kebersihan yang berada dikejauhan,alhasil gak nyaman tidurnya. selanjutnya suhu airport ini kalau malam benar-benar dingin,jadi harus siapin baju yang tebal untuk bertahan. Overall not recommended banget untuk bermalam di airport meskipun petugas tidak akan ganggu penumpang dengan memperingati dsbnya.

 

Untuk Fasilitas airport Hong Kong sangat memadai, beberapa Fasilitas yang paling umum yaitu:

1.Charging Socket

HP battery habis tentunya jadi khawatir kan? apalagi di negara orang, di airport disediakan charging socket diberbagai tempat, baik charger built in usb plug atau dalam colokan listrik. USB built in socketnya amperenya cuman 2A untuk 2 USB jadi kalau digunakan untuk 2 perangkat satu USB hanya kebagian 1A,Charge slow sekali disaranin pakai satu saja. Kemudian tips buat yang mau charge pake AC outlet,Kalian harus bawa adapter untuk merubah bentuk tancapan listrik karena Hong Kong menggunakan UK plug (3 tancapan) sedangkan Indonesia hanya dua.

 

2.Water Dispenser

Di Airport disediain water dispenser untuk air dingin,hangat,panas dan tentunya free. jadi jangan khawatir kehabisan air minum. bisa refill disini.

3. Shop

Layaknya bandara lain disini juga ada banyak toko-toko berkelaz yang juga duty free sayangnya untuk semacam convenient store untuk membeli souvenir cuman 2 atau 3 toko saja setahu saya.

4. Kursi-kursi di area departure

Kursi-kursi banyak disediakan disini jadi tidak perlu rebutan kursi karena banyak sekali, sayangnya kursi diberi sekat setiap kursi atau setiap 2 kursi sehingga kita tidak bisa lay down.

5.Rest Zone

Banyak yang kurang tahu tentang keberadaan tempat ini, tempat ini ada didekat gate 23 di area depature level 6. ini ditujukan untuk istirahat tapi sayangnya banyak sekali pengguna rest zone menyalakan HPnya sehingga ruangan jadi terlalu terang tidak enak untuk tidur maupun istirahat. Kursi malas juga jumlahnya terbatas jadi harus rebutan juga.

6. Free Shower Room

fasilitas satu ini juga jarang orang yang tahu, di airport ini kamu bisa mandi gratis tempatnya namanya complimentary shower room. saya juga menyempatkan mencoba shower room. shower room nya bersih, air hangat keluar dan didalam ada vending machine untuk membeli keperluan alat mandi seperti handuk ,shampoo,pasta gigi,sabun,dsbnya. harganya sih agak mahal. didalam shower room disediakan shampoo dan sabun gratis jadi kalau mau menggunakan shower room tinggal siapkan baju ganti dan handuk saja. Di dalam shower sudah disediakan hair dryer juga, jadi buat rambutnya yang gondrong atau panjang tidak perlu khawatir menunggu rambut kering secara natural. Sayangnya untuk menggunakan fasilitas ini kamu harus berada di area arrival (shower room ini ada di dekat gate 22 arrival gate).Artinya hanya bisa diakses untuk orang yang baru turun dari pesawat karena posisinya berada di area sebelum imigrasi atau gate transit. jadi sebelum ke imigrasi atau ke transfer gate jangan lupa untuk menggunakan fasilitas ini. Fasilitas ini Recommend banget untuk teman-teman yang transir menuju indonesia dari eropa atau benua Amerika yang ingin refresh diri.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Sekian review saya untuk Hong Kong Airport,Semoga bermanfaat san jaci referensi untuk yang mau travelling ke Hong Kong atau transit di Hong Kong Airport.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s