Cara Job Hunting Jepang untuk fresh graduate

Halo,lama nggak nulis blog lagi.

Kali ini saya mau bahas tentang sistem cari kerja di Jepang buat kamu lulusan college atau universitas Jepang.Mungkin sudah banyak yang tahu tentang sistem cari kerja di Jepang untuk fresh graduate yang namanya 新卒一括採用(shinsotsu-ikkatsu-saiyou) .Artinya perusahaan Jepang mengambil fresh graduate secara bersamaan dan sekaligus. Ini sistem yang benar-benar unik di Jepang. Jadi semua pelajar tahun keempat atau yang mau lulus tahun depan pasti akan mulai cari kerja 1 tahun sebelum kelulusan. Ini namanya 就活(shukatsu) yang panjangnya 就職活動(shuushoku-katsudou) kalau bahasa Inggrisnya Job hunting lha ya.

Jadwal Job hunting di Jepang itu dilakukan secara terjadwal jadi kita tidak cari -cari sendiri dan terlalu was-was dengan jadwal interview. Semua dilakukan didalam suatu periode,karena periodenya sudah ditetapkan semua mahasiswa Jepang melakukan job hunting dengan proses yang sama. Akibatnya persaingan jadi ketat. Jadi harus pintar-pintar ngomong dan menunjukan kemampuan serta harus bisa juga intropeksi dan kenal dengan kelemahan dan kekuatan diri sendiri dalam bidang apa.

Nanti akan saya bahas lagi di lain waktu tentang Jadwal dan flow chart shuukatsu di Jepang. Oh ya untuk lulusan tahun 2018 secara official 2017,Maret tanggal 1, Job hunting sudah di mulai lho!

Kebetulan saya juga tahun ini shukatsu,jadi ayo semangat job hunting dan semoga dapat pekerjaan sesuai keinginan. Jadi siap-siap ya. Saya sendiri kalau ditanya siap atau tidak,jujur Tidak siap tapi harus disiap – siapkan. Semangat!

Iklan

Satu pemikiran pada “Cara Job Hunting Jepang untuk fresh graduate

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s